Blog Terbaik Seputaran Informasi

Mengenal Peran Kadin Indonesia

4

Kita ketahui bersama kalau negara Indonesia ini memiliki banyak sekali wilayah perbatasan. Kalau wilayah perbatasan darat secara langsung dengan negara Papua New Guinea, Malaysia, dan Timor Leste. Saat ini daerah wilayah yang ada di perbatasan Indonesia kondisinya masih belum memadai. Kondisi masyarakat masih belum semuanya sejahtera.

Kondisi yang memperhatikan ini perlu ada penanganan serius dan harus segera mempercepat pembangunan. Nah, keberadaan Kadin Indonesia ini sangat dibutuhkan untuk mengolah proses pembangunan wilayah perbatasan.

Percepatan pembangunan ini perlu dilakukan di tengah keterbatasan dana dari pemerintah. Agar wilayah perbatasan bisa berkembang dengan baik maka diperlukan sumber daya manusia yang lebih berpotensi sehingga bisa mendukung kemajuan. Selain itu membuat banyak para pelaku usaha yang mau membangun ekonomi di wilayah perbatasan Indonesia.

kadin indonesia

Sejak tahun 2011 Kadin Indonesia sudah mulai secara marathon dalam mempersiapkan pemantapan pembangunan di wilayah perbatasan. Sehingga diharapkan wilayah perbatasan bisa hidup lebih sejahtera seperti masyarakat lainnya di Indonesia.

Semua itu diawali dengan adanya sebuah kesadaran dari pihak pengusaha Indonesia tentang usaha nasional merupakan sebuah tulang punggung dunia ekonomi dalam mewujudkan kehidupan yang lebih sejahtera dan adil. Selain itu bisa mempersatukan bangsa dalam meningkatkan ketahanan nasional.

Kadin ini pertama kali dibentuk pada tahun 1968. Berawal dari perkumpulan seluruh pengusaha di Indonesia secara bersama-sama membentuk Kamar Dagang dan Industri sebagai wadah komunikasi, fasilitasi, dalam mewujudkan usaha di Indonesia yang semakin kuat. Bisa bersaing lebih tinggi dengan bertumpu pada sumber daya nasional. Memadukan potensi ekonomi dan kelestarian lingkungan secara seimbang.

Kadin ini memiliki tugas utama seperti yang sudah disebutkan pada pasal 3 undang-undang nomor 1 tahun 1987. Berikut ini beberapa tugas utamanya :

  1. Mewakili komunikasi dengan pemerintah untuk kepentingan usaha.
  2. Memberi fasilitas para pengusaha yang ada di Indonesia ini untuk memenuhi kebutuhan sumber daya.
  3. Memberdayakan organisasi perusahaan dan pengusaha agar mampu menjalankan pembangunan secara optimal.

Demikianlah penjelasan tentang Kadin Indonesia dalam membantu mempercepat pembangunan ekonomi yang lebih baik. Terutama membantu pertumbuhan ekonomi di wilayah perbatasan Indonesia. Semoga penjelasan singkat ini bisa memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas tentang Kadin. 

%d bloggers like this: