Tuesday, 16 April, 2024

Ini Dia yang mempengaruhi Harga Asuransi Mobil


harga asuransi mobil

Harga asuransi mobil berbeda-beda karena dipengaruhi jenis asuransi yang dipilih, jenis kendaraan, tahun kendaraan, usia dan riwayat pemegang polis,  dan lokasi atau pelat nomor kendaraan.

Jika Anda membandingkan, harga asuransi mobil satu dengan lainnya berbeda-beda. Ini tentu saja disebabkan setiap perusahaan mempunyai kebijakan sendiri. OJk juga sebagai otoritas yang mengatur perusahaan sendiri sudah mengeluarkan aturan Nomor 21/ Seo? OJK 05/ 2015 sebagai acuan harga asuransi mobil.

Harga asuransi mobil tersebut dipengaruhi hal-hal ini.

     1. Jenis Asuransi

Secara umum, jenis asuransi kendaraan ada dua yaitu all risk dan total loss only (TLO). 

Asuransi TLO lebih mudah dalam pembayaran premi dibandingkan all risk. Namun, asuransi jenis ini hanya memberikan jaminan kerusakan mobil di atas 75%. Sedangkan all risk mempunyai manfaat asuransi yang lebih besar dan dapat memperluas pertanggungan.

harga asuransi mobil
                                                                                       harga asuransi mobil

     2. Jenis Kendaraan

Setiap jenis kendaraan tentunya mempunyai harga yang berbeda. Itu sebabnya premi asuransi mobil yang satu berbeda dengan lainnya. Semakin mahal harga kendaraan maka premi yang dibayarkan akan lebih mahal.

     3. Tahun Kendaraan

Tentu saja tahun kendaraan yang lebih lama lebih rentan terhadap kerusakan dibandingkan yang baru. Asuransi all risk biasanya diberikan pada kendaraan tahun pembuatan atau keluaran tidak lebih dari 10 tahun. Sementara pada asuransi TLO, semakin tua mobil maka jaminan yang diberikan semakin menyusut.

     4. Usia Pengemudi atau Pemegang Polis dan Riwayatnya

Usia pengemudi atau pemegang polis juga mempengaruhi premi asuransi mobil. Berbeda buka antara konsentrasi pengemudi dengan usia tua, usia produktif, dan anak muda? Anak muda umumnya tidak mengemudi dengan hati-hati, resiko asuransi akan lebih besar.

     5. Rekam Jejak Kredit

Jika Anda mempunyai kendaraan dengan kredit, maka harga premi sesuai rekam jejak kredit. Jika rekam jejak kredit bagus, maka premi yang dibayarkan lebih murah. Pihak perusahaan tentu tidak mau mengambil resiko jaminan saat kredit kendaraan Anda macet.

     6. Lokasi

Lokasi kendaraan biasanya ditandai oleh huruf pada pelat nomor kendaraan. Kendaraan di wilayah Sumatera akan membayar premi lebih besar dari daerah lain. Wilayah ini dianggap rawan kecelakaan dan kendaraan bermotor berdasarkan catatan kepolisian.

Itulah 6 hal yang mempengaruhi harga asuransi mobil Anda. Selain hal di atas, mungkin saja ada pertimbangan lain dari perusahaan asuransi, seperti jarak tempuh rata-rata dan pengguna kendaraan.

Yang pasti, jika Anda ingin asuransi dengan pelayanan mudah dan praktis, serta terpercaya, Autocillin pilihan tepat. 

Butuh sekarang? Anda tinggal buka website resmi Autocillin. Tanya jawab dan pendaftaran dapat dilakukan secara online. Semoga bermanfaat!