Blog Terbaik Seputaran Informasi

Tips Sederhana untuk Mengetahui Keaslian Berlian Anda

Tips Sederhana untuk Mengetahui Keaslian Berlian Anda

15

Perhiasan sangat erat kaitannya dengan perempuan, baik itu perhiasan berlian, mutiara, emas putih, dan emas kuning. Dengan memakai perhiasan yang asli, perempuan lebih tampil percaya diri dan tampilannya pun lebih elegan. Dari beberapa jenis perhiasan di atas, mungkin yang termahal dan paling diminati adalah perhiasan berlian asli.

Dilihat dari antusias perempuan yang selalu berminat untuk memiliki perhiasan berlian, momen ini dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menjual perhiasan berlian palsu. Dengan iming-iming harga murah, pecinta berlian kadang tertipu dengan hal tersebut.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa melakukan cara sederhana untuk membedakan perhiasan berlian asli dengan yang palsu. Mau tahu caranya? Simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Gosok berlian dengan amplas kasar

Cara ini cukup sederhana dan merupakan salah satu tes fisik untuk mengetahui berlian Anda asli atau palsu. Coba anda gosok berlian tersebut dengan amplas kasar. Tidak perlu lama-lama ataupun dengan tenaga, cukup goreskan amplas sedikit saja pada permukaan berlian.

Untuk melihat hasilnya, sangat sederhana. Apabila terlihat jelas ada bekas goresan amplas pada permukaan berlian, dapat dipastikan beli Anda palsu. Jika berlian asli, ketika digosok dengan amplas kasar tidak akan berpengaruh pada permukaannya sedikit pun.

  1. Uji fog tes

Cara sederhana untuk melakukan uji test pada berlian Anda, yaitu dengan hanya mengandalkan embun atau uap dari mulut.

Untuk prakteknya sangatlah mudah, hembuskan nafas Anda pada permukaan berlian, jika ternyata embun ataupun uap menempel pada berlian dan lumayan lama hilangnya, itu artinya beli Anda palsu. Karena berlian asli, embun ataupun uap tidak akan menempel bahkan akan hilang dengan cepat.

  1. Tes berlian dengan loupe

Uji tes berlian ini menggunakan peralatan berupa kaca pembesar atau biasa dikenal dengan Loupe. Untuk mendapatkannya, Anda bisa cari di pasaran atau langsung membelinya di pakar ahli berlian.

Mengamati berlian dengan Loupe, Anda akan melihat ujung berlian tersebut yang cukup tajam. Jika dilihat seperti itu, Anda tidak perlu khawatir berlian tersebut palsu.

%d bloggers like this: