Saturday, 20 April, 2024

Mengenal Giwang Berlian Asli


giwang berlian asli

Banyak sekali orang yang sulit di dalam membedakan mana giwang kalung berlian asli dan mana yang palsu. Jangan sampai Anda di dalam membeli giwang ini tertipu, sehingga Anda mendapatkan yang palsu. Maka dari itu, mari dalam artikel kali ini kenali beberapa hal yang menjadi ciri khas dari giwang asli. Sebelum membeli berlian, marilah kita simak tips dan trik untuk membantu Anda dalam mengidentifikasi berlian dalam pasar:

1. Penggunaan Tester

Sudah menjadi sifat dari berlian yaitu keras, karena berlian merupakan batu yang paling keras di bumi. Jika berlian punya Anda rusak atau terbelah saat mendapatkan benturan ringan, maka sudah pasti berlian yang Anda miliki adalah berlian palsu. Cara paling mudah cek keaslian berlian berdasarkan kekerasannya adalah dengan menggunakan automatic diamond tester yang tersedia di pasar. Bagaimanapun perlu dicatat bahwa penggunaan alat ini pun terkadang tidak 100% akurat.

Image result for giwang berlian

2. Lihat Pantulan Cahaya dari Berlian Tersebut

Keaslian berlian dapat dilihat melalui bayangan yang dihasilkannya. Anda dapat melakukan tes bayangan dengan melihat lurus dari atas berlian. Bayangan yang dihasilkan berlian asli umumnya merupakan variasi dari warna abu-abu, jika Anda melihat pantulan warna pelangi berarti berlian berkualitas rendah atau bisa juga palsu. Berlian memiliki varian warna lain dan tidak hanya memiliki warna bening saja. Warna berlian selain putih yakni pink, kuning dan biru merupakan berlian jenis yang langka dan jarang ditemui. Jadi apabila Anda menemui berlian selain warna tersebut maka dapat dipastikan bahwa berlian tersebut diragukan keasliannya.

3. Uji Ketahanan Panas Berlian (Heat Test)

Untuk mengenali keaslian berlian, Anda dapat melakukan uji ketahanan panas berlian. Anda cukup memanaskan batu berlian yang akan diuji selama 30 detik menggunakan korek, kemudian cemplungkan ke segelas air dingin. Jika batu tersebut palsu maka akan terjadi retakan dari dalam, jika tidak maka batu tersebut merupakan berlian asli.

4. Dapatkah Berembun? (Fog Test)

Mengecek giwang berlian asli dapat dilakukan dengan hembusan nafas ke berlian. caranya pun cukup mudah, yakni dengan menghembuskan nafas Anda ke berlian seperti menghembus ke cermin. Jika embun bertahan lama selama beberapa detik, kemungkinan berlian palsu. Berlian asli akan segera menyalurkan hawa panas secara cepat dan tidak mudah berembun.