Blog Terbaik Seputaran Informasi

Keuntungan Belajar di Sekolah Islamic Boarding School

12

Islamic Boarding School Terbaik Pendidikan adalah usaha orang tua melalui guru (pendidik) untuk membimbing anak didik agar tumbuh dan berkembang  menjadi manusia dewasa. Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengembangkan potensi-potensi manusia yaitu potensi jasmani dan rohani. Pendidikan hendaknya mampu mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik anak didik secara maksimal. Di zaman era globalisasi ini banyak pengaruh negatif yang kita temukan di lapangan yaitu adanya kenakalan remaja, pergaulan bebas, dan tawuran antar pelajar. Oleh krena itu dunia pendidikan melakukan inovasi dan kreasi dengan menawarkan konsep boarding school atau sekolah asrama.

Boarding school atau sekolah berasrama adalah sebuah sistem pendidikan formal yang mengatur kegiatan siswanya selama 24 jam sehari, dari bangun tidur hingga tidur kembali. Saya sendiri sudah merasakan sekolah berasrama selama 6 tahun yaitu di MTs (setingkat SMP) dan di MAN (setingkat SMA). Dengan hadirnya SMP dan SMA Boarding school membuat para orang tua lebih merasa tenang dan bangga dengan harapan agar anaknya lebih santun dan pinter baik dalah bidang pendidikan formal maupun pendidikan agama Islam. Nah, pada kesempatan ini penulis coba mereview tentang apa saja sih Keuntungan dan Kerugian dari Boarding School / Sekola berasrama yang penulis simpulkan dari berbagai sumber.

Islamic Boarding School Terbaik

Kelebihan dan Keunggulan Sekolah Boarding School (Asrama) Bagi Siswa dan Orang Tua, menurut Iqbal Pratama Abdi Zay :

Keuntungan dari Islamic boarding school terbaik yang Pertama adalah mampu menumbuhkan sifat-sifat positif bagi siswa seperti disiplin dan mandiri. Sekolah di Boarding School semua kegiatan telah diatur dari bangun tidur hingga tidur kembali. Bangun tidur harus tepat waktu, begitupun saat pergi ke masjid untuk solat berjamaah serta saat berangkat ke sekolah. Jika terlambat tentunya akan ada sanksi yang diberikan. Oleh karena itu, tak heran siswa yang pernah tinggal di asrama akan memiliki sifat disiplin. Sementara kemandirian merupakan sebuah pondasi yang harus dimiliki siswa supaya bisa bertahan di asrama. Jika tidak maka siswa akan mengalami homesick dan sangat bergantung terhadap orang tuanya. Homesick memang wajar, saya pun pernah merasakannya. Terutama pada masa awal tinggal di asrama. Masa transisi antara tinggal bersama antara orang tua dan tinggal di asrama. Siswa yang mandiri akan mampu melewati masa transisi ini dan beraktivitas di asrama sehingga tak lagi merasakan homesick. Kuncinya adalah menikmati apa yang ada karena pada dasarnya siswa tidak akan tinggal selamanya di asrama. Ketika lulus nanti mereka akan kembali kepada orang tuanya. Cukup bersabar selama beberapa tahun saja. Kesabaran ini akan membuahkan kemandirian bagi siswa.

Keuntungan + yang Kedua  adalah pendidikan agama yang terjamin (bagi sekolah berasrama islam seperti yang pernah saya rasakan). Kegiatan yang diatur di sekolah tidak hanya urusan akademik saja. Kegiatan non akademik seperti ekstrakurikuler juga diatur, begitupula kegiatan keagamaan terutama solat lima waktu. Maka siswa sekolah berasrama akan sangat jarang solat terlambat karena sudah dibuat sistem supaya siswa dapat solat tepat waktu dan tentunya akan ada hukuman bagi yang terlambat. Selain itu, jam pelajaran agama pun ditambah. Jika di sekolah umum jam pelajaran agama biasanya 2 jam/minggu maka di sekolah berasrama bisa mencapai 8 jam/minggu yang meliputi fiqih, aqidah akhlak, Al-Qur’an dan Hadits serta Sejarah Kebudayaan Islam.

Keuntungan dari Islamic boarding school yang Ketiga adalah menghilangkan kekhawatiran orang tua terhadap pergaulan anaknya. Selama berada di asrama, siswa akan selalu diawasi setiap saat. Akan selalu ada guru yang melihat tingkah laku siswanya. Oleh karena itu, orang tua tidak akan khawatir terhadap pergaulan anaknya karena orang tua bisa memantau tingkah laku anaknya dengan bertanya kepada gurunya. Sang guru akan dengan senang hati memberikan laporan perkembangan siswa terhadap orang tuanya.

Keuntungan yang Keempat menurut Iqbal adalah siswa tidak perlu menggunakan kendaraan ke sekolah dan orang tua tidak perlu mengantarkan anaknya ke sekolah. Hal ini tentu sangat menyenangkan bagi orang tua dan siswa. Siswa senang karena jarak antara tempat tinggal (asrama) dan sekolahnya dapat ditempuh dalam waktu singkat dengan berjalan kaki sedangkan orang tua senang karena tidak perlu merasakan macet saat mengantarkan anaknya ke sekolah.

Keuntungan dari Sekolah dengan Asrama yang Kelima, sedangkan menurut penulis kelebihan dengan adanya sekolah Boarding School akan lebih mendidik siswa serta mencegah siswa dari pergaulan bebas yang tidak terkontrol seiring dengan semakin majunya tekhnologi di Indonesia. Siswa tidak akan terpengaruh dengan media sosial, situs-situs yang tidak baik dan game-game yang dapat membuat siswa menjadi kecanduan.

Keuntungan atau Kelebihan dari Islamic Boarding School Terbaik yang Keenam, selain semua kelebihan diatas, Boarding School memberikan keuntungan antara lain akan membuat pribadi siswa yang lebih penyayang dengan teman-teman karena sikap senasib dan sepenanggungannya. Siswa juga akan lebih menghargai indahnya berkumpul dengan orang tua ketika ia jauh dengan orang tua.

%d bloggers like this: