Friday, 19 April, 2024

Cara Hilangkan Ketombe Selain Menggunakan Shampo


shampo anti ketombe

Kebersihan rambut adalah hal penting yang harus dijaga.  Sebab bagaimana pun rambut adalah penunjang penampilan. Jika rambut tidak dijaga kebersihannya,  akan timbul beberapa masalah yang cukup serius. Salah satunya adalah timbulnya ketombe. Ketombe adalah efek dari kondisi rambut yang sudah begitu kotor.  Karena ketombe bisa tumbuh kembang dipicu oleh debu dan kotoran yang menempel pada rambut.  Jika sudah datang ketombe maka kulit kepala akan menjadi gatal dan rambut akan menjadi bau.  Maka dari itu harus segera menggunakan shampo anti ketombe.

Selain menggunakan shampo,  menghilangkan ketombe juga bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini :

shampo anti ketombe
shampo anti ketombe
  • Menggunakan lemon

Buah masam satu ini sangat bagus untuk menghilangkan jamur semacam ketombe di rambut.  Dengan cairan asam yang dikandung oleh lemon jamur akan perlahan mati, begitu pun dengan ketombe.  Cara menggunakannya adalah dengan memeras jeruk lemon dan meratakan cairannya ke seluruh permukaan kulit kepala.  Diamkan sejenak supaya cairan lemon menyerap ke dalam pori pori kulit kepala. Setelah didiamkan kemudian bilas dengan menggunakan shampo hingga bersih.  Alangkah lebih baik jika anda menggunakan air hangat untuk membilasnya.

  • Menggunakan baking soda

Cara menghilangkan ketombe juga bisa menggunakan baking soda atau pengembang kue.  Caranya adalah dengan menggosok baking soda ke kulit kepala anda setelah keramas, kemudian setelah digosok gosokan bilas kembali rambut anda.  Lakukan secara berkala maka ketombe akan rontok dan menghilang dengan sendirinya.

  • Menggunakan masker rambut

Anda juga bisa menghilangkan ketombe dengan cara merawat rambut anda secara rutin.  Salah satu cara perawatannya adalah dengan memberikan masker rambut. Lakukan minimal dua pekan sekali untuk hasil yang maksimal.  Selain itu pastikan anda juga menggunakan masker rambut yang aman dan sehat. Atau anda bisa meminta bantuan jasa salon kecantikan untuk merawat rambut anda.  

Itulah beberapa cara menghilangkan ketombe selain menggunakan shampo anti ketombe  secara rutin saat berkeramas.  Salah satu shampo yang manjur untuk menghilangkan ketombe adalah shampo clear.