Blog Terbaik Seputaran Informasi

Kegunaan Oli Sintetik Untuk Mesin Motor

8

Oli Sintetik – Oli memegang peran yang begitu besar untuk kelangsungan dan kelancaran jalannya sebuah mesin, terutama mesin kendaraan bermotor. Sebenarnya oli tidak hanya digunakan untuk kendaraan bermotor saja, tetapi digunakan juga untuk alat-alat mesin lainnya yang membutuhkan pelumas untuk menjaga stabilisasi dari jalannya mesin yang digunakan. oli sendiri bertugas untuk meminimalisir gesekan yang terjadi antara dua jenis mesin yang bekerja secara bersamaan dan letak yang berdekatan.

Jika sebuah mesin diperkecil gesekannya, maka mesin tersebut pun tidak akan mudah mengalami aus sehingga bisa terjaga kualitas dan kinerjanya. Sebaliknya, bila gesekan terlalu besar karena tidak diberikan oli yang baik, maka mesin tersebut akan mudah terkikis dan akan mengakibatkan kerusakan yang membuat mesin menjadi tidak lagi nyaman untuk digunakan.

oli sintetik
oli sintetik

Dari beberapa kaitan tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa oli sangat mempengaruhi panjang pendeknya usia sebuah mesin. Sampai sekarang, oli sintetik kerap digunakan sebagai oli rujukan untuk menjaga kenyamanan sebuah mesin motor, baik motor matic maupun motor manual. Hal ini dikarenakan oli sintetik memiliki efektifitas yang lebih tinggi daripada jenis oli lainnya yang ada di Indonesia.

Oli sintetik sebenarnya sudah digunakan dan dikembangkan di abad ke 20 di negara Jerman. Pengolahan pertama kali untuk jenis oli ini sudah menerapkan dan menggunakan formula terbaru yang sebelumnya belum pernah digunakan. pertama kali dipasarkan dan digunakan adalah di negara amerika serikat, dan kehadiran oli sintetik ini langsung mendapatkan respon yang cukup pesat dari masyarakat target pada saat itu. Perkembangan teknologi membuat jenis oli ini selalu diperbarui dan mendapatkan formula terbaru untuk menjadikannya semakin berkualitas, hingga sekarang pun oli sintetik sudah umum digunakan di negara Indonesia.

Salah satu produsen oli sintetik terbaik yang ada di Indonesia adalah merk top one. Ketenaran oli ini bahkan sampai mampu sampai di telinga masyarakat yang masih awam terhadap dunia motor. Sampai sekarang pun, merk yang satu ini masih selalu menjadi primadona di pasaran Indonesia.

%d bloggers like this: